Mad Hasnurin : Inovasi Untuk Kemandirian Pekon

RAKYATNEWS.CO.ID, LAMBAR – Bursa inovasi desa “inovasi sebagai upaya percepatan menuju pekon mandiri dan hebat” dibuka oleh Wakil Bupati Lampung Barat Drs. H. Mad Hasnurin di Gsg Natamaghga, Kamis (9/5).

Turut hadir Assisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Wasisno Sembiring, SE, Kepala OPD, Camat, Peratin, LHP dan peserta Bursa Inovasi Desa.

Dalam sambutannya Mad Hasnurin mengatakan “Bagi Lampung Barat inovasi unntuk kemandirian pekon (desa) yang ada Di Lampung Barat dapat diwujudkan bersama karena Program inovasi desa merupakan salah satu upaya Kementerian Desa PDTT RI dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan di desa melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas dan strategis baik dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan SDM, pelayanan sosial dasar, maupun infrastruktur desa.

Kemudian, salah satu kegiatan program inovasi desa adalah Bursa Inovasi Desa (BID), yang diharapkan mampu memicu munculnya inovasi, dapat menjambatani sumber daya lokal dengan pemanfaatan dana desa yang lebih efektif sehinga lebih berkomitmen membangun pekon dan pertukaran pengetahuan secara partisipasif, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan kepada pekon agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana, untuk itu program inovasi desa diharapkan dapat menjawab kebutuhan desa terhadap layanan teknis yang berkualitas, dan dapat merangsang munculnya inovasi dalam praktik pembangunan, serta memunculkan solusi inovatif untuk menggunakan dana desa secara tepat dan efektif.

Terakhir, pemerintah pekon tidak perlu khawatir dalam melaksanakan inovasi pembangunan dipekon, selama tidak bertentangan dan sesuai dengan potensi pekon masing-masing. pemanfaatan wadah musyawarah pekon sebagai ajang penyampaian aspirasi janganlah dibatasi pada kebiasaan rutin. beri peluang masuknya ide komitmen berbagai elemen masyarakat yang ada di pekon serta lakukan koordinasi secara baik dan bijak dalam mengembangkan ekonomi masyarakat pekon.

Baca Juga :  DPC AJO-Indonesia Apresiasi Kunjungan Kadis Kominfo Pesisir Barat

Laporan Ketua Tim inovasi Desa Lambar Yudha Setiawan, S. Ip bahwa Bursa Inovasi desa yang merupakan media pembelajaran pemberian inovasi pembangunan desa bertujuan untuk mendeskripsikan informasi pokok inovasi desa, menginformasikan rencana kegiatan inovasi masyarakat yang berkembang di pekon dalam membangun pekon serat menjaring Ide dan inovasi sebagai rencana pembangunan pekon tahun 2020.

(sam)