Petani Tubaba Tagih Janji Pemkab Berikan Bantuan Sawah Yang Gagal Panen

RAKYATNEWS.CO.ID,PANARAGAN – Petani Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, menagih janji pemerintah setempat terkait bantuan untuk petani yang sawahnya mengalami gagal panen.

Hal tersebut diungkapkan salah satu petani Kabupaten Tubaba Eko Apri Yanto warga Margodadi RK 2, yang juga menjadi petani gagal panen dan hanya di berikan janji janji saja oleh Dinas Pertanian.

Menurutnya, Dinas Pertanian Tubaba diduga tidak menepati janji kepada masyarakat Petani terkait, bantuan kepada Petani jika terjadi gagal panen di tahun 2019 ini.

“Kemarin sempat liat ada PPL kontrol kurang lebih baru sebulanan inilah, tidak tau sama siapa tapi sepertinya orang dinas. Kalau untuk infonya sebelum lebaran keluar ganti rugi gagal panen itu, tapi sampai sekarang belum juga keluar.” Katanya.

Lanjutnya, Sawah milik nya yang gagal panen itu dikarenakan tidak ada air, dimana musim tanam kedua irigasi mati disebabkan ada perbaikan irigasi.

“Pada saat akan memasuki musim tanam kemarinn, kami dapat informasi ada garansi gagal panen. Jadi garansi itu diberi pemerintah kalau terjadi gagal panen. Yang mana persyaratan untuk dapat garansi itu yakni, mengumpulkan Fotocopy KTP dan uang Rp 10 Ribu.” Jelasnya.

Lebih jauh ia jelaskan, walaupun bantuan itu keluar, itu juga akan dipotong sekian persen dari petani, jadi tidak 100 persen untuk petani bantuan tersebut.

“Kalau untuk sawah yang saya garap, itu milik orang tua saya. Dan alamatnya itu di Margodadi Rk 2 belakang rumah Lurah.” Imbuhnya.

(Der)