Koperasi TKBM Bagi Sembako, SPTI Suport Polda Usut Dugaan Korupsi Sainin CS

RAKYATNEWS.CO.ID,BANDARLAMPUNG-Sekitar 1300 paket sembako dibagikan kepada anggota Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Panjang, Bandarlampung, Rabu (4/12/2019).

Menurut sekretaris Koperasi TKBM Panjang, Indra Akhyadi, jika pembagian paket sembako tersebut merupakan hak anggota dalam setiap akhir tahun yang sudah sesuai dalam Ad/Art koperasi. “Ini memang hak buruh, kita tidak bicara kenapa sebelum-sebelumnya tidak ada pembagian sembako atau lainnya, yang jelas kami pengurus berusaha tegak lurus dalam menjalankan roda koperasi demi kesekahteraan anggota koperasi,” ujar Indra Akhyadi.

Namun demikian, di lain sisi Ketua Serikat Pekerja Transpotasi Indonesia (SPSI) Lampung, Gojoli, menjelaskan jika pihaknya setuju akan langkah koperasi saat ini, akan tetapi pihaknya juga mendukung penuh dan mensuport pihak Polda Lampung dalam penyelidikan dugaan penggelapan uang koperasi TKBM sebesar Rp21 miliar lebih oleh Sainin Nurjaya bersama kroni-kroninya.

“Kami sudah laporkan mantan Ketua TKBM Sainin Nurjaya ke Polda Lampung. Laporan ini terkait dengan dugaan penggelapan uang koperasi TKBM sebesar Rp21 miliar oleh Sainin Nurjaya. Makanya mari bersam-sama kita suport pihak penyidik dalam menyelesaikan kasus tersebut,” ujarnya.

“Dari tahun 2010 ini saya usulkan dan setiap lebaran idul fitri dan idul Adha, juga TKBM wajib memotong hewan dan dagingnya untuk anggota, ini baru bener, kalau selama ini tidak ada, ya kemana uangnya, makanya kami ada komitmen bersama mari kita suport pihak penyidik Polda Lampung untuk menyidik dugaan penyelewengan dana Koperasi TKBM Panjang, oleh oknum mantan Ketua koperasi Sainin Nurjaya dan kolega nya, usut sampai tuntas,” tandasnya.

Kegiatan ini digelar di Halaman Kantor koperasi TKBM Panjang. Menurut ketua TKBM Panjang, Samin, acara ini merupakan program ahir tahun TKBM, khususnya bidang sosial dan kemasyarakatan. “Ada sekitar 1.300 paket sembako yang telah kita siapkan, yang 1.200 kita siapkan untuk anggota TKBM yang punya KTA maupun yang tidak punya KTA. Sedangkan 100 paket dikhususkan untuk para janda mantan TKBM,” jelas Samin didampingi oleh Sekretaris TKBM Adi Akhyadi.

Baca Juga :  DPRD Tercengang Tunggakan PDAM Way Rilau Capai Rp20 Miliar

Dalam kesempatan itu juga, Ketua Koperasi TKBM Panjang, Samin berharap pembagian paket sembako ini dapat diterima dan bermanfaat untuk para anggota. “Kami tidak ada maksud lain, tapi pembagian sembako ini untuk membuktikan bahwa TKBM ini adalah rumah besar yang senantiasa berusaha untuk mensejahterakan anggotanya,” ungkapnya.

“Sembako ini, walaupun tidak seberapa, namun paket sembako ini bisa diterima manfaatnya oleh para anggota TKBM. Kami pengurus Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang terus berupaya untuk memberikan hak-hak anggotanya dalam rangka peningkatan kesejahteraan dan menjaga kelancaran kegiatan bongkar muat di dalam Pelabuhan Panjang,” jelasnya.

Hadir pada baksos ini Kepala Kantor KSOP Kelas 1 Panjang yang diwakili oleh Kasi Bidang Lala, Tasilin. Dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan tersebut, Tansilin berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan. “Kami menyambut baik acara ini dan berharap bisa dilakukan oleh TKBM secara rutin. Terutama menjelang hari raya idul Fitri dan bulan Ramadhan,”harapnya.

Hadir juga dalam acara tersebut beberapa tamu undangan, antara lain dari dinas tenaga kerja dan koperasi Bandarlampung, pihak pengembang perumahan dan tokoh masyarakat Panjang, Agus Sujatma.

(ron)