Uji Kompetensi Wartawan Menjadi Fakta Integritas Wartawan

RAKYATNEWS.CO.ID, PANARAGAN – Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) kedepan akan menjadi Fakta Integritas dalam menciptakan jurnalis yang profesional, bermartabat, dan berdaya saing.

Sudah di ketahui bahwa, dalam tatanan jurnalis bukan hanya sekedar mengetahui kebebasan pers semata.

Namun, juga paham dalam artiannya serta mampu mengimplementasi kan nya dalam suatu bentuk kemitraan serta tulisan yang di sajikan jurnalis kepada publik dengan gambalang dan mudah di cerna.

Menurut,Edi Zulkarnaen Ketua PWI Tubaba mengatakan,bahwa UKW itu sendiri pun dapat di ikuti oleh seluruh peserta jurnalis dengan, mengikuti prosedural yang telah di tetapkan oleh PWI pusat serta Dewan Pers dan, sesuai AD/ART organisasi.

“Yang pasti target kita di periode baru ini juga adalah peningkatan kapasitas wartawan dalam memahami jurnalis itu sendiri, agar nantinya tidak menjebak dirinya sendiri dalam belenggu permasalah yang di hadapinya.

Dan yang pasti UKW ini juga menjadikan jurnalis yang kompeten tidak seperti halnya yang telah di pahami oleh masyarakat tentang kinerja oknum pers yang beberapa waktu lalu di kenal dengan keburukan ,”ungkapnya. Rabu 4/12/19.

Lanjutnya, memahami dunia jurnalis itu sendiri tidak semudah yang kita bayangkan, karena jurnalis adalah salah satu pilar keempat nya negara yang menjadi suatu acuan masyarakat dalam maendapatkan informasi dengan sesuai Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

“Jadi kita juga sebagai jurnalis harus dapat cepat tanggap dalam suatu permasalahan maupun kata bicara lawan bicara dengan berbagai cara yang pprofesional itu tadi, tidak sembarangan dalam menjalankan tugan dan fungsinya,”katanya.

Selain itu, Dedi Priyono, SH juga menegaskan, bahwa seluruh anggota PWI diwajibkan untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Mengingat UKW merupakan program wajib Kepengurusan PWI Pusat dan merupakan peraturan Dewan Pers tentang standar kompetensi wartawan, oleh sebab itu sesuai visi misi PWI Tubaba, secara bertahap kedepannya kita ingin mewujudkan Wartawan PWI yang profesional dan bermartabat di era digitalisasi saat ini,”jelasnya.

Baca Juga :  Bupati Umar Minta KSM TPS 3R Maksimal Tangani Sampah

(Der)