Calon Demokrat Di-Plot Menang Pilkada,Bukan Cawe-Cawe

RAKYATNEWS.CO.ID,BANDARLAMPUNG-Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat (PD) Kota Bandarlampung, dalam rekomedasi bakal calon (Balon) Walikota Bandarlampung, akan berdasarkan hasil survey elektabilitas dan popularitas calon.

Oleh karena itu, rekomendasi yang keluar untuk balon walikota yang didukung untuk menang dalam pemilihan kepala daerah. “Kita bukan hanya sekedar nyalon atau mendukung calon, Partai Demokrat dalam mengusung calon nanti yang akan menang, jadi calon harus didukung oleh popularits dan elektabilitas, bukan sekedar mengusung calon hanya ‘cawe-cawe’, atau asal calon walikota, itu ada penghitungannya,” ujar Ketua DPC Partai Demokrat (PD) Kota Bandarlampung, Budiman AS, Senin (27/01/2020).

Dan nantinya, terus Anggota DPRD Provinsi Lampung ini, para bakal calon walikota akan disurvey oleh tim dari DPP untuk selanjutnya dipituskan tekomendasi calon. “Mekanismenya, DPC hanya menjaring bakal calon, kemudian lapor ke DPD Provinsi, dan kemudian ke DPP untuk selanjutnya turun tim survey calon,” ungkapnya.

Sejauh ini, kata Budiman AS, DPD balon walikota yang memulangkan berkas pencalonan Rycko Menoza dan Yusif Kohar. “Pak Rycko dan pak Yusuf Kohar, nanti berkasnya kita verifikasi kalau ada yang belum lengkap kita berikan waktu untuk elengkapinya. Kami DPC hanya penjaringan saja, kalau penentuan tetap DPP,” tegasnya.

Disinggung, apakah Demokrat tidak main dua kaki, sementara ada dua kader yang mencalonkan diri, yakni Yusuf Kohar dan Hendra Mukrie. “Ya gak lah, kan Pak Yusuf Walikota, Hendra Mukrie, wakil. Kita serahkan sama DPP bagaimana dan siapa yang pantas kita usung,” jelasnya.

Di lain sisi, Hendra Mukrie menjelaskan, bahwa ia siap majuencalonkan diri sebagai wakil walikota. “Saya sebagai kader Samikna Wa-Atokna, siap apa pun perintah dan petunjuk partai,” kata dia.

Baca Juga :  Putra Terbaik Lamsel, Hendry Rosyadi Ambil Formulir Bupati¬†

Anggota DPRD Kota Bandarlampung dua priode ini menjelaskan, bahwa sejauh ini belum ada lobi-lobi politik dari bakal calon walikota yang akan meminangnya. “Ya kalau kreteria yang sejalan dan sama visi-misi menbagun kota, tapi lagi-lagi saya serahkan kepada DPP apa petunjuknya, kalau rekom sudah keluar, kita siap all-out mengamankan dan mendukung serta siap memenangkan calon tersebut,” tandasnya.

(ron)