Pemkab Tulangbawang Barat Tutup Semua Akses Pariwisata Sementara

RAKYATNEWS.CO.ID, PANARAGAN – Banyaknya pemudik luar kota masuk ke Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) di tengah wabah Covid 19 yang mengguncang dunia. Pemkab Tulangbawang Barat tutup semua akses pariwisata sementara.

Penutupan tersebut di nilai pemkab salah satu upaya memotong rantai penyebaran  virus yang telah membelenggu dunia saat ini, hal ini juga sebagai mana di maksud untuk mengantisipasi penyebaran yang di duga di bawah oleh para Orang dalam Pantauan (ODP).

Menurut, Drs. Gustami, M.Si Kadis Dispora Tubaba menjelaskan bahwa edaran ini di sampaikan kepada seluruh tempat tempat wisata yang ada di Tubaba tertanggal 1 April sampai batas waktu yang belum di tetapkan.

“Bukan tanpa alasan, penutupan itu kita lakukan mengingat semakin banyaknya kasus yang terkena Covid 19 ini. Apalagi untuk wilayah Kabupaten Tubaba berdasarkan data yang masuk dari Bagian Tata Pemerintahan, sudah ribuan masyarakat yang pulang dari perantauan, baik pelajar maupun para pekerja. Dan semuanya masuk dalam status Orang Dalam Pantauan (ODP), bahkan jika ada yang terindikasi akan menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP), sehingga kita tidak ingin mengambil resiko,”ungkapnya. Rabu 1/4/20

Lanjutnya, hal ini juga berdasarkan Instruksi, yakni surat edaran Bupati Kabupaten Tulang Bawang Barat Nomor 010/061/II.18/TBB/2020 Perihal Pemberitahuan Perpanjangan Penutupan Sementara Tempat Hiburan.

“Surat tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Gubernur Lampung Nomor 440/1022/06/2020 tanggal 16 Maret 2020 Perihal Antisipasi dan Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Covid 19. Dan Surat 060/54/109/TUBABA tanggal 23 Maret 2020 Tentang Pemberitahuan Penutupan Sementara Tempat keramaian serta mempertimbangkan situasi terkini terhadap Kesiapsiagaan perkembangan kasus Covid 19 di Kabupaten Tulang Bawang Barat,”jelasnya

Untuk itu, tegasnya, tidak ada lagi tempat Hiburan dan Wisata yang masih beroperasi, bahkan Komplek Islamic Center pun sudah di tutup. Dan masyarakat pun harus mengerti untuk tidak berkeliaran diluar rumah.

Baca Juga :  Walau Tidak Memiliki Fraksi, Golkar Tetap Untuk Tubaba

“Dengan upaya ini, kita harapkan bisa mencegah atau meminimalisir penyebab Covid 19, dan masyarakat pun dihimbau untuk tetap menjaga kebersihan, kesehatan, menjaga jarak, keluar rumah hanya jika penting saja, serta tidak melakukan perkumpulan-perkumpulan,”katanya

(Der)