Agus Istiqlal Dan Erlina Hadiri Kegiatan Pemberian Remisi Umum Kemekum Ham Di Rutan Kelas II Krui

Pesisir Barat-Bupati Dan Wakil Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal dan Erlina, Menghadiri Kegiatan Pemberian Remisi Umun Dengan Menteri Hukum dan Ham RI Secara Virtual, Di Rutan Kelas II Krui, Pada ,Senin (17/08/2020).

Mengawali kegiatan tersebut secara serentak menyaksikan Tari selayang pandang di Pusat Kegiatan di Provinsi Nusa tenggara Barat tepatnya dimataram melalui virtual.

Pemberian remisi umum narapidana dan anak dalam rangka hari kemerdekaan Republik donesia tahun 2020 secara serentak oleh kepala daerah Bupati/walikota seluruh Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Bupati agus istiqlal Secara serentak menyerahkan Remisi umum secara simbolis kepada narapidana dan anak sebanyak 3 orang.

Kegiatan dilanjutkan mendengarkan sambutan menteri Hukum dan Ham mengingat perjuangan para pahlawan bangsa kita, dimana pada saat itu merupakan sebuah perjuangan yang tak ternilai harganya, hingga berhasil mengusir penjajah dari tanah air kita, untuk itu proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945 merupakan titik atau tahapan tertinggi dari sejarah perjuangan bangsa indonesia.

Proklamasi kemerdekaan merupakan sebuah pernyataan bahwa bangsa indonesia telah berhasil melepaskan diri dari belenggu penjajah, indonesia telah berdaulat penuh, indonesia telah bebas dan merdeka, sekaligus membangun negaranya sendiri, yaitu negara kesatuan republik indonesia. perjuangan meraih ih kemerdekaan sampai pada titik puncak merupakan ridho, berkat, dan rahmat tuhan yang maha kuasa.

Rasa syukur dalam memperingati hari kemerdekaan ini tentunya menjadi milik segenap masyarakat indonesia pada umumnya dan dan warga binaan pemasyarakatan pada khususnya. perwujudan rasa syukur dalam memberikan perlakuan yang manusiawi kepada warga binaan pemasyarakatan merupakan bentuk kewajiban kita sebagai bangsa yang besar dan beradab, yang sejatinya dapat diukur dari sejauh mana kita mampu memberikan perlakuan yang baik terhadap warga binaan pemasyarakatan, yaitu perlakuan yang didasarkan pada penghormatan terhadap hak dan martabat kemanusiaan.

Baca Juga :  TP-PKK Dan Diskoperindag Pesibar Distribusikan 2993 Paket Sembako Untuk masyarakat Terdampak Covid-19

Warga binaan pemasyarakatan merupakan bagian dari warga negara yang tetap memiliki hak-hak yang mesti dihormati dan dipenuhi, karena warga binaan pemasyarakatan sebenarnya hanya kehilangan kebebasan, di mana mereka tidak kehilangan hak-hak yang lainnya. salah satu hak yang dimiliki oleh warga binaan pemasyarakatan adalah hak mendapatkan pengurangan masa menjalani pidana (remisi).

Melalui remisi, diharapkan dapat mempercepat proses kembalinya narapidana dan anak dalam kehidupan bermasyarakat. namun, pemberian remisi ini seharusnya tidak hanya dimaknai sebagai pemberian hak warga binaan pemasyarakatan, tetapi lebih dari itu, remisi merupakan apresiasi negara atas pencapaian yang sudah dilakukan oleh warga binaan pemasyarakatan selama menjalani pembinaan di lembaga pemasyarakatan (lapas), rumah tahanan negara (rutan), dan lembaga pembinaan khusus anak (lpka).

Kementerian Hukum Dan Ham melalui direktorat jenderal pemasyarakatan bersinergi dengan aparat penegak hukum lainnya, secara bertahap dari bulan juni hingga juli kemarin, telah melakukan upaya pemindahan sebanyak 228 narapidana kategori bandar narkoba ke beberapa lapas khusus yang menerapkan sistem pengamanan super maksimum di pulau nusakambangan.
melalui pemindahan ini diharapkan dapat memberantas peredaran obat-obatan terlarang yang merupakan persoalan klasik yang terus terjadi dari tahun ke tahun di lapas maupun rutan.

selain itu, saya juga berpesan kepada seluruh jajaran pemasyarakatan agar menjadikan momentum perayaan kemerdekaan ke-75 republik indonesia tahun 2020 untuk lebih meningkatkan kinerja, mempercepat pelayanan dan mengubah pola kerja yang dapat mengikuti perkembangan isu-isu saat ini, terutama dalam memberikan pelayanan terkait pemasyarakatan, serta menghindari perbuatan yang dapat merusak nama baik institusi pemasyarakatan dan kementerian hukum dan ham.

” kepada seluruh narapidana dan anak yang mendapatkan remisi, khususnya yang langsung bebas pada hari ini, saya mengucapkan selamat. sekaligus, saya mengingatkan agar saudara terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yang maha kuasa. jadilah insan yang taat hukum, insan yang berakhlak mulia dan berbudi luhur, serta insan yang berguna bagi pembangunan bangsa,Tandasnya.(win)