Sekda Pesibar Pantau Penerapan Protokol Kesehatan Di Sekolah SD Dan SLTP

Pesisir Barat-Sekretaris Daerah (Sekda) Pesisir Barat, Lingga Kusuma, Bersama Dinas Pendidikan memantau penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 di beberapa sekolah di Kecamatan Pesisir Tengah, Pada Senin (11/01/2021).

Sekda yang didampingi beberapa dinas terkait, mengawali kunjungannya ke SDN 1 pesisir tengah, SMPN 1 Pesisir tengah, SMPN 2 pesisir tengah,SMA N 1 pesisir tengah.

Setiba di SDN 1 krui, Sekda yang disambut kepala sekolah, segera meninjau sejumlah ruang kelas di mana poses belajar-mengajar secara tatap muka sedang berlangsung.

Ia mengapresiasi kondisi di ruang kelas di mana para siswa dan guru terlihat semuanya mengenakan masker, Selain itu jarak duduk antar siswa juga diatur menyesuaikan standar protokol kesehatan.

Dalam penyampaiannya Sekda pesisir barat mengatakan, kunjungan itu dilakukan untuk melihat langsung efektivitas proses belajar mengajar di tengah pandemi COVID-19. Sekda yang didampingi beberapa dinas terkait, mengawali kunjungannya ke SDN 1 pesisir tengah, SMPN 1 Pesisir tengah, SMPN 2 pesisir tengah,SMA N 1 pesisir tengah.

Pada kesempatan itu, ia berpesan agar para siswa tidak berkerumun dalam setiap momen di sekolah, baik di dalam kelas maupun saat jam istirahat.

Sementara, Dalam kunjungannya ke SMPN 1, sekda juga menyapa para siswa dengan mengajukan bertanya terkait protokol kesehatan. “Ada yang tahu apa itu 3M,” tanya sekda.

“3M: memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” jawab siswa secara serentak.

Lebih lanjut, sekda mengingatkan siswa untuk serius mengamalkan protokol 3M demi menghindari penularan COVID-19. Selain penerapan 3M, para siswa juga harus membiasakan diri menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Secara khusus, ia berpesan agar para siswa tidak berkerumun dalam setiap momen di sekolah, baik di dalam kelas maupun saat jam istirahat di kantin. “Termasuk saat pulang sekolah, tidak boleh keluyuran,” sebutnya.

Baca Juga :  Peringati Hari Ibu, GOW Pesibar Gelar Seminar Parenting

Menurutnya, ketidakdisiplinan siswa dalam menjaga protokol kesehatan, tidak hanya berdampak pada siswa itu sendiri. Tetapi juga akan membahayakan keluarga mereka.

Berikutnya, peninjauan penerapan protokol kesehatan di sekolah dilanjutkan ke SMA 1 pesisir tengah. Setiba di lokasi, sekda langsung memeriksa kesiapan sekolah dalam menggelar proses belajar-mengajar di tengah situasi pandemi corona.

Selanjutnya Lingga meninjau sejumlah fasilitas pencuci tangan yang disediakan di berbagai titik di sekolah. Ia juga memantau beberapa ruang belajar siswa dan meminta mereka untuk tidak abai terhadap protokol kesehatan.

“Hal paling sederhana namun sangat besar manfaatnya di tengah pandemi COVID-19 adalah menerapkan protokol kesehatan. Jangan pernah bosan menerapkan 3M,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, ia juga menyemangati para siswa untuk rajin belajar demi mencapai cita-cita di masa depan. (Win)