Kadiskes Pesibar Turun Langsung, Atasi Wabah Penyakit Diare Di Desa Malaya

RAKYATNEWS.CO.ID, Pesisir Barat – Sebanyak 18 orang warga terserang wabah penyakit diare, Dinas Kesehatan Pesisir Barat turun langsung ke Pekon (Desa) Melaya, Kecamatan Lemong, pada Senin (01/02/21).

Dipimpin langsung Kepala dinas kesehatan pesisir barat, Tedi Zadmiko, langsung mendatangi pasien yang dirawat Puskesmas Lemong guna mastikan keadaan 18 orang yang terserang wabah penyakit diare.

Dikatakan Tedi, bahwa 18 warga yang terkena wabah diare ini sudah ditangani secara cepat oleh puskesmas lemong, ” 1 orang pasien berumur delapan (8) bulan meninggal dunia, sementara 1 orang pasien masih dirawat dan 1 orang Pasien dirujuk kerumah RSUD Alimudin Umar Liwa, kemudian 15 orang pasien sudah di pulangkan kerumah masing-masing, Ungkap Tedi.

Setelah meninjau pasien di Puskesmas Lemong, Kepala Dinas Kesehatan Pesibar langsung menuju Dusun Batu Bulan, Pekon Malaya guna melakukan skrining dan juga melakukan pengambilan sempel air yang sudah dimasak ataupun air yang digunakan warga untuk keperluan mandi dan cuci guna pemeriksaan di Laboratorium.

”Wabah diare itu ada hubungan dengan saluran pencernaan, bisa disebabkan karena makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh masyarakat, ”jelasnya.

Oleh karena itu, Tedi berharap setiap ada Program Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas) semua pihak dapat agar berkordinasi dengan Dinas Kesehatan, agar air dapat diuji apakah layak atau tidak di Konsumsi. (Win)