ASPEKSINDO Lantik Agus Istiqlal Sebagai Wakil Sekjen ASPEKSINDO Periode 2022-2025

Pesisir Barat- Pelantikan Bupati Pesisir Barat (Pesibar) Agus Istiqlal, Sebagai Pengurus Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) 2022 – 2025, Berlansung Di Hotel Discovery Ancol, Jakarta Pada (24 – 25 Februari 2022).

Adapun Tema dari pelantikan kepengurusan ASPEKSINDO yakni ” Kolaborasi Memajukan Indonesia dari Pinggiran”

Dalam Sambutananya Agus Istiqlal, berharap atensi pemerintah daerah kepada pusat ,untuk memberi kewenangan secara proposional kepada pemerintah daerah yang berbasis kepuluan dan pesisir dalam mengelola wilayah laut yang selama ini diserahkan kepada pemerintah provinsi.

Agus, menilai hilangnya kewenangan kabupaten/kota dalam mengelola sektor kelautan sangat menghambat sistem pengelolaan sumber daya laut di daerah, dimana birokrasi perizinan usaha disektor kelautan yang begitu panjang yang sangat tidak efektif dan efisien.

“Secara georafis jarak antara masyarakat kepulauan dan pesisir yang akan melakukan usaha sektor kelautan sangat jauh dari ibu kota provinsi, Ini tentu sangat jauh dari nafas reformasi birokrasi,” Ungkapnya.

Kemudian itu, Aspeksindo yang beranggotakan pemerintah daerah berbasis kepulauan dan pesisir menjadi pilar dan motor penggerak pemerintah pusat untuk mewujudkan indonesia sebagai poros maritim dunia.

Bupati Pesisir Barat juga menegaskan pentingnya memberikan kewenangan yang seluas-luasnya kepada pemerintah daerah untuk mengelola sumber daya laut untuk kesejahteraan masyarakat kepulauan dan pesisir.

” Saya berharap, harapan dari kami pemerintah daerah kepada pemerintah pusat dapat terwujud demi kesejahteraan masyarakat khususnya yang berada di daerah kupulauan dan pesisir di seluruh indonesia,” Tandasnya. (Win)