Puskesmas Candra Mukti Lakukan Fogging Berantas Wabah Penyakit DBD

Tubaba-Demi memutus mata rantai wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) Puskesmas candra Mukti, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, melakukan fogging di Tiyuh (Desa) Tirta Makmur, Jumat (19/04/2024).

Di sampaikan, dr Yenny kepala puskesmas setempat, bahwa Sesuai dengan hasil dari peninjauan tim pada waktu sebelumnya pihak telah melakukan penanggulangan wabah penyakit DBD di wilayah kerjanya.

“Ya kita sudah lakukan apa yang menjadi tanggung jawab kita untuk memberantas penyebaran wabah penyakit DBD dengan melakukan pogging di wilayah yang terjangkit,”katanya pada Jum’at(19/04/2024).

Selain memberikan penanganan secara efektif nantinya pihak puskesmas sendiri akan terus melakukan upaya semaksimal mungkin untuk tetap melakukan pelayanan bagi masyarakat sekitar.

“Kita juga meminta kepada masyarakat agar tetap untuk dapat menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar tidak terjadi lagi hal serupa, serta kita sendiri dari pihak puskesmas akan selalu tetap memberikan pelayanan terbaik guna menjaga kesehatan bagi masyarakatnya,” pintanya.

Di sisi lain, masyarakat Tiyuh Tirta Makmur mengucapkannya terimakasih kepada pihak puskesmas dan aparatur lainnya yang bahu membahu melaksanakan fogging untuk memberantas perkembangan wabah penyakit DBD.

“Kiranya tindakan atau langkah yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan dengan dibantu aparatur yang lain menjadi langkah nyata sehingga wabah DBD dapat teratasi,” cetusnya.

Semoga langkah yang diambil oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tubaba dapat memutus rantai perkembangan DBD, sehingga situasi yang meresahkan serta menakutkan karena wabah penyakit yang mematikan dapat diberantas.

Sementara itu, saat dikonfirmasi Helo Indonesia Lampung Babinsa Koramil 412-01/TBT Sersan Agus Purwanto mengatakan, dirinya sangat berterimakasih dapat membantu dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melaksanakan Fogging untuk memutus perkembangan wabah DBD di wilayah tiyuh binaannya.

Baca Juga :  Buang Sampah Sembarangan, Saluran Irigasi Tampak Kumuh

“Selaku Babinsa dirinya menghimbau kepada warga masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan di rumah dan sekelilingnya, jangan biarkan nyamuk DBD berkembang dan bersarang, timbun dan bakar benda- benda yang tidak berguna yang bisa menampung air sehingga nyamuk bisa berkembang,”imbuhnya.(San)