Idul Adha Lapas Kelas II B Kota Agung Qurban 1 Sapi dan 11 Kambing

Tanggamus — Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kotaagung melaksanakan Sholat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1945 Hijriah.

Kegiatan Sholat Ied ini dipusatkan di Masjid At- Taubah Komplek Lapas IIB Kotaagung Pekon Waygelang Kabupaten Tanggamus Lampung Pada Senin (17/6/2024).

Pemimpin selaku Imam dan Khutbah dalam melaksanakan sholat Ied Ustadz Am’rillah di hadiri oleh Kepala Lapas IIB Kotaagung Andi Gunawan beserta seluruh jajaran pejabat dilingkungan lapas Staf dan Juga warga binaan.

Kegiatan Sholat Ied ini Secara langsung di mulai pukul 07.00 WIB. Ustadz Am’rillah dalam melaksanakan khotbah nya menceritakan tentang Kisah Nabi Ibrahim As, untuk menjalankan perintah dari Allah SWT dan selalu sabar atas ujian yang telah diberikan kepada Allah SWT.

Setelah usai melaksanakan sholat Ied warga binaan melakukan bersalam-salaman kepada seluruh para petugas penjaga lapas dan makan bersama dilanjutkan dengan Penyembelihan hewan qurban hingga pembagian dagingnya diselenggarakan di lahan kosong yang ada di dalam Blok Hunian Lapas Kotaagung.

Andi Gunawan Selaku kalapas kotaagung mengatakan bahwa hari perayaan Idul Adha 10 Dzulhijjah 1945 Hijiriah di Kotaagung tak hanya sekadar momen keagamaan yang harus dirayakan, melainkan menjadi bagian suatu program pembinaan terhadap warga binaan tetapi untuk memperbaiki diri dan meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah dan menjadi motivasi diri untuk taat pada perintahNya.

“Dalam pelaksanakan Qurban ini untuk mengajarkan kita untuk ikhlas seperti kisah Nabi Ibrahim As. Mudah-mudahan bagi yang qurban rezekinya akan dilancarkan, diterima amal ibadah dan juga berkah” katanya Andi Gunawan

Dikatakan Andi Gunawan kegiatan pada Idul Adha kali ini Lapas IIB Kotaagung menerima 12 Ekor hewan kurban terdiri dari satu ekor sapi dan 11 ekor kambing.

Baca Juga :  Pringsewu Raih Peringkat Ke-4 MTQ Provinsi Lampung Ke-47

Hewan qurban tersebut berasal dari mitra kerja lapas dan juga dari 3 warga binaan lapas Kotaagung yang ikut berkurban dengan sukarelawan.

“Ada banyak kebaikan dari Hari Raya Idul Adha ini, yaitu tumbuhnya rasa syukur dan termotivasi untuk berbagi kebahagiaan melalui pembagian daging kurban,”ujar Andi Gunawan.

Masih kata kalapas, bahwa ini merupakan suatu moment Idul Adha di Lingkungan Lapas Kotaagung berlangsung dengan khidmat dan penuh haru.

“Ada yang sedih karena harus berlebaran jauh dari keluarga, ada juga yang bersukacita karena bisa berkurban. Khusus hari ini, para kunjungan kita tidak tiadakan, dan para keluarga warga binaan bisa membesuk lagi pada Selasa 18 Juni 2024,”pungkas Andi Gunawan.

Sementara itu Kasi Binadik dan Giatja Ardeli bahwa dalam melaksanakan penyembelihan hewan qurban ini yang melibatkan terdiri dari 50 warga binaan dan juga para petugas lapas.

Selanjutnya daging kurban ini akan dibagikan sejumlah 30 kupon yang sudah disiapkan oleh kepada petugas lapas untuk masyarakat sekitar di luar lingkungan lapas.

Kemudian untuk warga binaan daging qurban ini akan dimasak di dapur serta dinikmati bersama-sama dan menjadi tambahan lauk mereka.

Ia menambahkan kegiatan ini merupakan bentuk pelayanan sebagai petugas pemasyarakatan kepada warga binaan sehingga dapat meningkatkan ketaqwaan dan perubahan perilaku yang lebih baik kedepannya.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Lapas IIB Kotaagung berjalan dengan aman dan baik, pembagian daging kurban tersebut akan diprioritaskan untuk dibagikan kepada warga binaan pemasyarakatan. (Bowo)