Wabup Pringsewu dan Istri Jenguk Bayi Yang Melahirkan di Pinggir Jalan

RAKYATNEWS.CO.ID,PRINGSEWU – Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A., C.M.A. dan Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu Ny.Hj.Rita Irviani Fauzi, S.E., M.M. bersama Camat Ambarawa Moudy Ary Nazola, S.S.T.P. dan Lembaga Pemerhati Anak beserta aparat Pekon Sukorejo Kecamatan Pardasuka menjenguk Bunga (nama yang disamarkan),  beserta bayinya di Puskesmas Kecamatan Ambarawa, Ahad (7/4) malam.

Bunga (18), warga Pekon Sukorejo, Kecamatan Pardasuka, Pringsewu belakangan membuat gempar Kabupaten Pringsewu dan bahkan menjadi viral di media sosial, karena melahirkan seorang bayi perempuan di pinggir jalan.

Diketahui, Bunga melahirkan di pinggir jalan raya di wilayah Pekon Sumberagung, Kecamatan Ambarawa, Sabtu (6/4) malam secara mendadak, hanya dengan dibantu seorang rekannya yang berboncengan sepeda motor dengan dirinya tanpa peralatan medis sebagaimana mestinya.

Wakil Bupati Pringsewu mengatakan pihaknya bersama pihak terkait lainnya akan terus memantau perkembangan baik sang bayi maupun ibunya. Sekaligus memberikan bantuan yang dibutuhkan, serta melakukan pendampingan terhadap Bunga dan bayinya, baik terkait masalah kesehatan maupun hal lain yang melatarbelakangi kejadian tersebut.

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Kecamatan Ambarawa dr.Agung Wicaksono saat menerima kedatangan Wabup Pringsewu dan Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu, mengatakan bayi perempuan yang dilahirkan Bunga memiliki berat 2,8 kg dan memiliki panjang 5 cm, serta masuk kategori normal.Bahkan, meskipun ia melahirkan sendiri di pinggir jalan tanpa peralatan medis, kondisinya juga terbilang cukup stabil, hanya sedikit pendarahan akibat melahirkan, serta kondisi HB yang sedikit berada di bawah normal, yakni 9 gram/dl, sedangkan HB seorang perempuan mestinya di atas 11 gram/dl. (wid)