Tembok Penahan Longsor Dibangun Pakai Anggaran DD Jebol

Tembok Penahan Longsor Dibangun Pakai Anggaran DD Jebol. (Foto Samson)

RAKYATNEWS.CO.ID,LAMPUNG BARAT – Akibat guyuran hujan deras yang disertai angin kencang, Tembok penahan tanah ( talud ) yang berada di pekon batu kebayan, kecamatan batuketulis, kabupaten Lampung barat jebol.

Dinding penahan longsor yang dibangun menggunakan alokasi dana desa (ADD ) tersebut diperkirakan mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Beginilah kondisi tembok penahan longsor yang mengalami kerusakan parah akibat diguyur hujan lebat pada Senin 30 Desember 2019 lalu. Menurut keterangan warga setempat, bangunan tersebut runtuh usai diguyur hujan terus-menerus.

” Iya saya juga kaget sekitar jam 12 malam bangunannya udah roboh, mungkin karna diguyur hujan terus-terusan karna memang beberapa hari ini disini hujan deres terus. ” Ucap warga yang tinggal tepat didepan TKP

Beruntung saat peristiwa terjadi bongkahan bangunan tidak terbawa sampai ke jalanan, sehingga tidak berdampak pada pengendara roda dua maupun roda empat.

Murtoyo Peratin setempat, Membenarkan atas terjadinya peristiwa tersebut saat dikonfirmasi wartawan rakyatlambar melalui via telepon. Ia mengatakan pembangunan tembok penahan tanah ini menyerap anggaran dana desa Rp 100 juta lebih.

“Iya betul bangunannya runtuh, mungkin karna diguyur hujan terus-menerus. Bangunan ini sih udah jadi sejak bulan Mei 2019 lalu dengan menyerap dana desa sebesar Rp.100 juta lebih. Ya karna rusak kami akan perbaiki segera mungkin perkiraan di bulan ini. ” Ungkap Murtoyo, Peratin batu kebayan.

Melihat kondisi tersebut, Yudha Setiawan selaku kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan pekon ( PMPP ) kabupaten Lampung barat, mengaku belum bisa memastikan akibat rusaknya talud tersebut. Yudha mengatakan akan mengecek bangunan itu pada Jumat 10 Januari mendatang bersama tenaga ahli yang membidangi.

“Kami juga belum bisa memastikan rusaknya talud itu karna faktor bencana atau pekerjaannya yang tidak memenuhi syarat. Untuk memperjelas kami dari dinas PMPP akan mengecek langsung ke TKP bersama dengan tenaga ahli yang membidangi urusan tersebut. Rencananya kami mau kesana hari Jumat besok,”kata Yudha ( kadis PMPP )

Baca Juga :  Bejad, Perkosa Anak Kandung Hingga Buat Video Porno

( Sam/Eki )