Masyarakat Minta Dinas PUPR Perketat Pengawasan Empat Mega Proyek 

RAKYATNEWS.CO.ID, PANARAGAN – Banyaknya kecurangan yang di lakukan oleh pihak rekanan saat pengerjakan pembangunan infrastruktur. Masyarakat, dan DPRD Tulangbawang Barat meminta Dinas PUPR setempat dapat memperketat pengawasan terhadap empat paket mega proyek dari pinjaman PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) senilai Rp128 miliar.
Keempat proyek pinjaman tersebut yakni, peningkatan ruas jalan pasar Mulya Asri- Candra Mukti senilai Rp19,5 miliar, peningkatan ruas jalan Sp. Jalur 2 Kagungan Ratu-Karta (Rp17,5 miliar), peningkatan ruas jalan  Jalur 2 Kagungan Satu-SDN Tugurato (Rp12,5 miliar) dan pembangunan Pasar Pulung Kencana senilai Rp76 Miliar.
“Kegiatan empat mega proyek ini harus benar-benar baik. Sebab, kegiatannya menggunakan dana pinjaman selama 5 tahun, jangan sampai, pekerjaan rusak utang belum lunas,”ujar ketua komisi C DPRD Tubaba, Paisol saat meninjau pembangunan proyek utang di tiyuh Kagungan Ratu, Kamis (20/12).
Menurut, Paisol ketua komisi C mengatakan, proyek pinjaman tersebut menjadi perhatian masyarakat, sebab kegiatannya ditempatkan dijalan lingkar kota. “Kontrak pekerjaan proyek pinjaman ini sampai Maret 2018. Untuk pembangunan pasar sampai Agustus 2018. Artinya, kontrak pekerjaan empat proyek ini tidak membuat rekanan terburu-buru. Harapannya, dapan mengedepan kualitas pekerjaan,”ujarnya.
Dari hasil pemantauan Paisol mengakui, pekerjaan tersebut butuh pengawasan ketat, agar pihak rekanan tidak salah dalam melakukan tahapan pekerjaan.
“Sepanjang pekerjaan ada galian pelebaran, dan rigid beton. Ini harus diperhatikan agar timbunan sabesnya padat dan baik agar kedepan tidak cepat amblas,”ujarnya.
Diakuinya, dari keempat mega proyek tersebut baru tiga kegiatan yang sudah berjalan yakni tiga proyek peningkatan jalan, untuk pembangunan pasar masih dalam tahap persiapan. “Kalau proyek jalan, dua paket dikerjakan group PT. 31 dan satu paket dikerjakan orang Kotabumi. Sedangkan untuk pasar informasinya dikerjakan PT. BUMN,”ungkapnya.
Sementara itu, warga Tulangbawang Udik menyambut gembira perbaikan ruas jalan lingkar dari Tugu
Rato-Sp.Karta yang didanai dari proyek pinjaman tersebut. Warga berharap, pembangunan jalan tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan mewujudkan perluasan wajah kota.
“Perbaikan jalan ini memang sudah ditunggu-tunggu masyarakat. Kami ucapkan terimakasih kepada Pemkab  Tubaba, dan DPRD,”ujar Andi warga Tulangbawang Udik.
Pengawas kegiatan PT. Cempaka Mas Sejati (Group 31), Erwin mengatakan pihaknya optimistis pekerjaan tepat waktu. “Saat ini pekerjaan yang diutamakan pembangun rigid betton dan galian pelebaran. Pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan tahapan,”ujarnya. (Der)