55 Relawan Demokrasi Pesisir Barat Di Kukuhkan

Pengukuhan dan pembekalan relawan demokrasi pada pemilu 2019, Jumat(25/01). (Foto Darwin)

RAKYATNEWS.CO.ID,Pesisir Barat– Bupati Pesisir Barat DR.Drs.Agus Tiqlal SH.MH dalam hal ini di wakili Staf Ahli Bid.Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs.Azhari Menghadiri Acara Pengukuhan dan pembekalan relawan demokrasi pada pemilu 2019, Jumat (25/01).

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Ketua KPU Pesisir Barat Yurlisman S.Ag, KPU Provinsi Lampung Dra.Handi Muliya Ningsih, M.Si, dan Kapolsek Pesisir Tengah Kompol.M.Daud.

Dalam sambutan Bupati Pesisir Barat Azhari ,SH,MM. menyampaikan selamat kepada 55 orang relawan demokrasi pada Pemilu 2019. Yang menjadi tantangan dalam rangka melaksanakan sosialisasi dan pendidikan terhadap pemilih pada pelaksanaa pemilu yang akan datang sangatlah berat karna semakin kompleknya penyelenggaraan pemilu di mana para pemilih akan berhadapan lima jenis surat suara di tempat pemungutan suara (TPS).

Melalui para relawan demokrasi (relasi) yang telah di bentuk oleh KPU Pesisir Barat sebagai mana di maksud maka di harapkan akan mampu menumbuhkan kembali kesadaran yang positif para pemilih terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dengan demikian para relawan demokrasi (relasi) yang telah di bentuk KPU Kabupaten Pesisir Barat di harapkan dapat menggerakkan seluruh masyarakat yang telah terdaftar sebagai pemilih tetap pada pemilu tahun 2019 agar para pemilih tersebut dapat menggerakkan hak pilihnya dengan bijaksana dan penuh tanggung jawab, sehingga partisipasi pemilih dan kualitas pelaksanaan pemilu di kabupaten Pesisir Barat menjadi lebih baik dari pelaksanaan pemilu pemilu sebelumnya.

Diharapkan kepada pemateri bimbingan teknis (bimtek) baik dari KPU Provinsi Lampung, Bawaslu, KPU Pesisir Barat serta jajaran kepolisian dan pemerintah daerah agar dapat menyampaikan materi secara praktis dan mudah di mengerti sehingga akan menjadi bekal para relawan demokrasi (relasi) yang pada kesempatan ini menjadi peserta bimtek dalam rangka melaksanakan tugasnya untuk mensosialisasikan tentang pentingnya demokrasi dan partisipasi masyarakat serta mengenalkan peserta pemilu yaitu pasangan calon presiden dan wakil presiden, partai politik peserta pemilu dan kepada para pemilih yang ada di kabupaten Pesisir Barat.

Baca Juga :  DPRD Pesibar Gelar Paripurna Ranperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2022

Selain itu saya berpesan kepada relawan demokrasi (relasi) agar dalam melaksanakan tugasnya wajib mematuhi kode etik yang telah ditetapkan yaitu: 1). bersikap independen infarsial dan non partisan terhadap peserta pemilu; 2). bertindak santun dan berlaku baik; 3). menghormati adat dan budaya setempat; 4).tidak bertindak diskriminatif dan menunjukan keberpihakan kepada peserta pemilu; 5). tidak menerima pemberian dalam bentuk apapun dari peserta pemilu.(win)