Pemkab Pesibar Peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia Ke-12

RAKYATNEWS.CO.IID. ‘Pesisir Barat- Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal,SH Bersama Ketua TP.PKK Kabupaten Pesisir Barat, Hj.Septi Istiqlal Menghadiri Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Se-Dunia Ke-12, Kabupaten Pesisir Barat, Di SDN 45 krui (SDN 1 Bumi Ratu) Kecamatan Ngambur, Pada Senin (28/10).

Bupati Pesibar yang membuka langsung kegiatan itu menyampaikan peringatan hari cuci tangan pakai sabun sedunia merupakan sebuah bentuk komitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat untuk mencapai derajat kesehatan yang lebih baik.

Seiring hal tersebut, majelis umum perserikatan bangsa bangsa pada tahun 2008 telah menyerukan perlunya peningkatan praktek higiene dan sanitasi diseluruh dunia, sejak saat itulah muncul pula kesadaran untuk mengkampanyekan perlunya cuci tangan pakai sabun, yang ditindaklanjuti dengan penetapan tanggal 15 oktober sebagai “hari cuci tangan pakai sabun sedunia”. Ujarnya.

Selain itu, kegiatan cuci tangan pakai sabun ini, merupakan program tahunan tim penggerak pkk kabupaten pesisir barat bekerjasama dengan dinas kesehatan kabupaten pesisir barat yang diharapkan tidak hanya sebatas seremoni belaka, namun juga akan dapat dijadikan budaya atau gaya hidup sehat semua.

” Melalui momentum peringatan hari cuci tangan pakai sabun sedunia ini, marilah bersama-sama kita mengajak teman-teman, keluarga dan masyarakat di sekitar kita, untuk ikut membiasakan cuci tangan pakai sabun dengan air bersih yang mengalir dalam kehidupan sehari-hari,” Tukas Agus..

Sementara di kesemoatan yang sama Ketua TP. PKK Pesisir Barat Hj.Septi Istiqlal, dalam laporannya mengatakan peringatan hari cuci tangan pakai sabun sedunia tahun ini adalah ” TANGAN BERSIH UNTUK SEMUA” tujuan diadakan kegiatan ini adalah menurunkan angka kematian untuk anak-anak dimana lebih dari 5.000 anak balita penderita diare meninggal setiap harinya diseluruh dunia sebagai akibat dari kurangnya akses pada air bersih dan fasilitas sanitasi dan pendidikan kesehatan, Terang Septi.

Baca Juga :  Peringati Hari Ibu, GOW Pesibar Gelar Seminar Parenting

Penderitaan dan biaya-biaya yang harus ditanggung karena sakit dapat dikurangi dengan melakukan perubahan perilaku sederhana seperti mencuci tangan pakai sabun dengan air bersih yang mengalir, yang menurut penelitian dapat mengurangi angka kematian yang terkait dengan penyakit diare hingga hampir 50 persen, Imbuhnya.

Turut hadir kepala OPD, para Camat, PKK Kabupaten, Siswa – siswi SDN 45 krui (SDN 1 Bumi Ratu) dan masyarakat setempat.

(Win)