Rumah Panggung Tidak Berpenghuni Ludes di Lahap Si Jago Merah

RAKYATNEWS.CO.ID, PANARAGAN – Rumah tradisonal Lampung tidak berpenghuni ludes di lahap sijago merah di Tiyuh Penumangan, Kecamatan Tuba Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba).
Kejadian bermula, Pada pukul 18.30 Wib. Dimana api bermula dari dalam rumah milik Yohanes dan dengan cepat merambat ke atap rumah dikarenakan rumah tersebut terbuat dari berbahan Kayu dan berbentuk rumah panggung maka, dengan terjadinya kebakaran tersebut warga masyarakat sekitar berupaya memadamkan api akan tetapi api semakin membesar dan sulit di padamkan.
Sesaat kebakaran sedang terjadi warga mencoba menghubungi Pemadam kebakaran. Namun, tidak kunjung datang ke TKP setelah pukul 19.40 Wib tiba di lokasi, akan tetapi bangunan rumah yang terbuat dari kayu telah habis terbakar, sehingga masyarakat emosi terhadap Petugas Damkar dan berupaya mengusir serta memaksa untuk kembali ke pangkalan kendaraan Damkar.
Menurut, Erwan warga Tiyuh Penumangan yang menjadi saksi kejadian menjelaskan, bahwa rumah tersebut saat keadaan malam tidak berpenghuni. Hanya saja, ada sanak family nya yang sering merawat nya.
“Kami sudah menghubungi pihak Damkar beberapa kali. Namun, kami berusaha untuk memadamkan api dengan alat seadanya, setelah beberapa jam kemudian baru mobil Damkar tiba setelah semua habis terbakar,”ungkapnya. Sabtu 11/01/20.
Dengan keadaan yang tidak ada yang bisa di selamatkan lagi, setibanya mobil pemadam kebakaran tiba akhirnya. Mobil pemadam di usir oleh masyarakat dengan bentuk kekecewaan yang ada pada masyarakat kepada pihak pemadam kebakaran.
Dari kejadian tersebut, kerugian yang di alami pemilik rumah di tafsir mencapai ratusan juta rupiah. Dan api berhasil di padamkan oleh masyarakat dengan menggunakan alat seadanya apda pukul 20.40 Wib. Untuk sementara penyebab terjadinya kebakaran tersebut belum diketahui.
(Der)