Cegah Covid-19, Ketua Rt.010./Rt.003 Kelurahan Kemalaraja Semprotkan Cairan Desinfektan Ke-200 Rumah Warga

RAKYATNEWS.CO.ID, BATURAJA – Ketua Rt.010 Rw.003 Kelurahan Kemalaraja, Kabupaten OKU, bersama 10 orang sukarelawan warga setempat pada pukul.07.30 wib saat sedang melakukan penyemprotan ke rumah warga.

Dari pantauan Wartawan Rakyat News dilapangan dalam rangka mengantisipasi guna memutus rantai penyebaran Virus Corona atau Corona Virus Diasease (Covid-19), yang kini sedang menggemparkan dunia. Ketua Rt10 Kelurahan Kemalaraja, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten OKU, Provinsi Sumatera Selatan melakukan penyemprotan cairan Desinfektan kesejumlah rumah warga yang berada di wilayah Rt.010 terutama Lorong Wakaf, Lirong Swadaya,Lorong Sahati, dan Lorong Satria,

“Kegiatan ini semata mata hanya untuk mengantisipasi agar penularan virus Covid-19 bisa dihindari. Juga sekaligus menghimbau warga akan betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, dan rajin mencuci tangan sesudah melakukan kegiatan diluar rumah.ketua Rt.010/Rw.003 saat dibincangi melalui handphon (Hp) disela kesibukannya menyampaikan bahwa peyemprotan cairan Desinfektan ke rumah warga ini hasil bantuan dari Swadaya warga Rt.010. / Rw.003.Dana yang terkumpul sebesar Rp.800.000 kemudian dana di belanja kan Untuk membeli cairan tersebut sebanyak 150 liter dengan dibantu sekurelawan warga setempat, Kamis (9/4/2020).

Dijelaskan Welson ( Ketua Rt.010) cairan Desinfektan diperolehnya dari Swadaya Warga dan melalui koordinasi dengan pihak Kelurahan untuk disemprotkan ke rumah-rumah warga. Hal ini juga sebagai langkah Pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus berbahaya Covid-19 yang sudah banyak memakan korban jiwa.

“Awalnya inisiatif saya pergi kekantor Kelurahan untuk menanyakan perihal tentang penyemprotan cairan Desinfektan, karena yang saya ketahui sudah ada beberapa Rt didaerah sini telah melakukan penyemprotan ke rumah-rumah warganya. Kemudian oleh pihak kelurahan saya diarahkan ke kantor Kecamatan, sesampainya disana saya tidak diberikan obat cairan Desinfektan dari pihak Kecamatan,”ujarnya.

Baca Juga :  Pengamat nilai debat pertama capres membosankan

Meskipun obat Desinfektan yang tidak didapat dari Kecamatan dirasa kurang oleh Welson sebagai Ketua Rt.010/ Rw.003 untuk disemprotkan ke rumah warganya sebanyak 200 Kepala Keluarga (KK). Namun ketua Rt.010 yang dikenal sangat peduli terhadap lingkungannya ini berinisiatif mencari Dana kewarga dan akan meracik sendir obat cairan Desinfektan, agar setiap rumah warga di wilayahnya bisa tersterilkan semua dengan cairan Desinfektan racikannya.

“Jika nantinya kurang, kami sudah berinisiatif akan meracik sendiri. Sebab selain rumah warga, juga ada termasuk Mushola dan beberapa gedung ruko toko yang termasuk didalam wilayah Rt.010 / Rw.003 akan disemprot semua dengan menggunakan 4 tenglki alat penyemprotan Yang mana dari alat penyemprotan ini kami pinjam dari warga Rt.010/Rw.003 Kelurahan Kemalaraja.

Meskipun belum ada warga kami yang terjangkit virus tersebut (Corona, red). Namun mengantisipasi dengan cara melakukan penyemprotan cairan Desinfektan seperti in sangat i lah efektif sekali, karena mencegah itu lebih baik dari pada mengobati”pungkasnya.

(Mukti)