Realisasi Dana BLT Desa Penyandingan Di oku

RAKYATNEWS.CO.ID, BATURAJA –  Hari ini Sabtu  09/05/20 bertempat di balai desa Penyandingan  Kecamatan Sosoh Buay Rayap . Dilaksanakan  penyaluran BLT ( Bantuan Langsung  Tunai ) , kepada masyarakat yang berhak menerimanya.  Bantuan tersebut langsung diserahkan oleh kepala desa Penyandingan Idris.

Menurut  Idris  BLT ini merupakan  Refocusing (Memfokuskan Kembali ), anggaran dana desa tahun 2020. Berdasarkan Surat Edaran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KDPDTT ) , dalam rangka melawan penyebaran wabah Covid-19 . Sehingga dana desa tahap pertama di tahun 2020 ini  hanya di peruntukan bantuan  Padat Karya Tunai Desa (PKTD ). Adapun dana tunai yang diterima oleh masyarakat  adalah sebesar  Rp.600.000,- ( Enam ratus ribu rupiah ). Per KK ( Kepala Keluarga).Dianggarkan selama tiga bulan, April, Mei, dan Juni . Jadi total per KK mendapat 1,8 juta rupiah, dan yang berhak menerima sebanyak 156 KK. Dana tersebut di ambil 30% dari jumlah dana desa.

Penyerahan  bantuan tersebut juga di hadiri oleh Babinsa ( Bintara Pembina Desa ) dan Bhabinkamtibmas ( Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat ) , BPD ( Badan Perwakilan Desa),  Tokoh Masyarakat dan semua yang sempat hadir . Acara berlangsung aman dan lancar dalam suasana bulan suci Ramadhan 1441 H. Dan keadaan   masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah puasa.

Pada kesempatan ini pula  salah seorang warga desa Penyandingan,Tabri Kadora mengucapkan  banyak terima kasih
kepada kepala desanya. “Menurutnya pemerintah desanya sudah menyalurkan  dana desa yang di peruntukan kepada masyarakat yang terdampak  wabah virus Corona , juga warga miskin dan rentan miskin”. Juga beliau mengucapkan terima kasih karena sudah dilakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan tempat tinggalnya dan pembagian masker  gratis kepada warga desa Penyandingan.

Laporan : Mukti