TP-PKK Pesibar Gelar Rapid Test Gratis Untuk Kaum Perempuan

Pesisir Barat- TP-PKK Kabupaten Pesisir Barat Menggelar Rapid Test Gratis Bagi Kaum Perempuan, Dalam Rangka Memperingati Hari Ibu Tahun 2020, Yang Di Langsungkan Di Or-Cukuh Tangkil, Pesisir Tengah, Pada Rabu (16/12/2029).

Kegiatan tersebut di buka oleh, Ibu Sekda kabupaten Pesisir Barat, Farida Milladyah Lingga, Mewakili Ketua TP-PKK Pesisir Barat, Hj.Septi Istiqlal, Sebagai upaya mumutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Dalam sambutannya,Farida Milladyah Lingga, menyampaikan sebgaimana kita ketahui bersama, covid-19 masuk ke Indonesia sudah hampir melebihi satu tahun, adapun penularanya bisa melalui batuk, bicara, permukaan benda yg terkonfirmasi, untuk itu protokol kesehatan wajib kita terapkan seperti yg telah kita ketahui yaitu 3 M,,
Memakai masker, Menjaga jarak, Serta mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, Ujarnya.

Menurut pengakuan pribadi ini sekda , salah satu penanganan pasien yg sudah terkonfirmasi atau terkena covid-19 yaitu di antaranya yaitu, istrahat yang cukup, pola makan yang sehat dan bergizi, berpikir positif, setelah itu, jika ada yang terpapar jangan dikucilkan, Suport mereka, Jelasnya.

Sementara di kesempatan yang sama, Perwakilan dari Puskesmas Way krui, Dr.Herlina, menyampaikan strategi mengurangi penyebaran virus perlu terus diterapkan agar bisa memutus rantai penularan Covid-19. Secara konkret, langkah pengurangan penyebaran dapat dilakukan dengan berbagai cara yang saling berkaitan, mulai dari pengetesan, isolasi, karantina, pembatasan fisik, penelusuran kontak, identifikasi kontak, hingga pencarian pola penyebaran.

“Langkah-langkah tersebut juga perlu dibarengi dengan pemantauan terus-menerus, baik terhadap orang tanpa gejala (OTG), orang dalam pemantauan (ODP), maupun pasien dalam pengawasan (PDP),” Ujar Dr.Herlina.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pengurus dan Anggota TP-PKK Pesisir Barat, Baik Tingkat Kabupaten Dan Kecamatan, Kadis Kesehatan Pesisir Barat Beserta Jajaranya.(win)