Bupati Agus Istiqlal Sambut Baik Expose PT Biomasa Energi Nusantara Jaya

Pesisir Barat – Diketahui Expose PT.Biomasa Energi Nusantara Jaya Bersama Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) Dalam Rangka Rencana Pembangunan Pabrik Wood Pellet,

Kegiatan berlangsung Diruang Batu Gughi, Setdakab Pesisir Barat, Pada Kamis (24/06/2021).

Dalam expose tersebut, Direktur Utama PT. Biomasa Energi Nusantara Jaya, R. Prabawa, Memaparkan terkait pembangunan Pabrik, dari sisi baik sangat terlihat besarnya kemauan masyarakat di Pesisir Barat sangat mendukung penuh dalam meningkatkan program hutan lestari.

” Pengertian Wood Pellet adalah salah satu bahan bakar alternatif yang terbuat dari serbuk kayu, atau bahan kayu, sebagai salah satu alternatif bahan bakar pengganti batu bara, Ujarnya.

Bahan baku untuk membuat Wood Pellet ini berasal dari limbah kayu dan juga limbah industri lainya, yang diperlukan diperhatikan adalah bahan kayu tersebut mempunyai kadar ligan yang cukup tinggi, sebagai zat perekat alami.
Ada banyak manfaat dapat dirasakan oleh pengguna, dapat digunakan untuk menghangatkan ruangan, memasak diatas kompor, burner dll. Terangnya.

Direktur Utama PT. Biomasa Energi Nusantara Jaya R. Prabawa juga menjelaskan letak lokasi Pembangunan pabrik Wood Pellet.
letak tanah yang berada di Desa/Kelurahan, Pekon Sumber Agung Kecamatan Ngambur, dengan
luas Tanah seluruhnya : Ā± 20.000 M2.

Adapun manfaat dan kesimpulanya Pembangunan pabrik Wood Pellet antara lain :
1. Penyerapan tenaga kerja.
2. Pemberdayaan ekonomi masyarakat petani penggarap.
3. Meningkatkan pertumbahan ekonomi di desa-desa sekitar hutan.
4. Konservasi (Dengan menanam kaliandra, gamal, sengon dan pohon-pohon kayu lainya.
5. Meningkatkan hutan lestari.
6. Meningkatkan PAD.

Sementara Bupati Pesibar, Agus Istiqlal, Menyambut baik atas expose dan paparan tersebut seraya mendukung penuh pembangunan wood pellet di kabupaten pesisir barat.

Baca Juga :  Pjs Bupati Pesibar Mengikuti Penyerahan DIPA Dan TKDD Oleh Pemerintah Pusat Melalui Video Converence

Menurutnya apa yang di sampaikan oleh PT Biomasa Nusantara Jaya Merupakan sarana dan prasarana untuk membanty masyarakat khusunya di pesisir barat dalam meningkatkan perekonomian di bidang pertanian.

” Saya berharap hasil pertanian di pesisir barat dapat bersaing , baik dari kualitas maupun harga, serta berharap kerja sama ini dapat saling menguntungkan untuk masing-masing pihak ” Pungkasnya. (Win)