Peringati HUT RI Ke-76, TP-PKK Pesibar Gelar Lomba Kreasi Tumpeng

Pesisir Barat – Ketua TP-PKK Pesisir Barat, Hj.Septi Istiqlal, didampingi Ketua I TP-PKK Pesisir Barat Ny. Yulna Wati A. Zulqoini Syarif, Membuka Secara Resmi Lomba Menghias Tumpeng Tahun 2021.

Kegiatan tersebut berlangusng di gedung, Sekretariat PKK, Pesisir Tengah Denga mengusung Tema “Makanan Bergizi Masyarakat Sehat”.

Dalam laporan ketua Panitia Penyelenggara Lomba, Ny. Fitri Amelia menyampaikan Maksud dan tujuan lomba yaitu untuk melestarikan tradisi membuat Tumpeng yang beragam bergizi seimbang dan aman serta sekaligus ajang silaturahmi para ibu -ibu TP-PKK di seluruh kabupaten Pesisir Barat.

Adapun peserta yang mengikuti lomba berjumlah 22 orang yang terdiri dari masing-masing 2 orang dari 11 Kecamatan di Kabupaten Pesisir Barat.

Kemudian Ketua TP-PKK, Hj.Septi Istiqlal, menyampaikan 10 Program pokok PKK pada hakekatnya merupakan kebutuhan dasar manusia yaitu :

1. Penghayatan dan pengamalan Pancasila.
2. Gotong Royong.
3. Pangan.
4. Sandang.
5. Perumahan dan tata laksana rumah tangga.
6. Pendidikan dan keterampilan.
7. Kesehatan.
8. Pengembangan kehidupan berkopersi.
9. Kelestarian lingkungan hidup.
10 .Perencanaan Sehat.

Kegiatan kita pada pagi hari ini mengacu pada program pokok PKK yang no 3 dan no 6 yaitu Pangan dan Pendidikan dan Keterampilan.

Pangan yang kita pelajari disini, Bagaimana mengolah bahan mentah sehingga menjadi menu yang enak dan menarik menikmatinya, Kemudian Mencari menu yang dapat bermanfaat pada kesehatan tubuh kita yang masuk pada keriteria B2SA yakni Bergizi Beragam Seimbang dan Aman, Serta Pendidikan dan Keterampilan.

“Lomba menghias tumpeng pada hari ini ak lain untuk mengenang betapa menderita/ susahnya bangsa kita terdahulu untuk memerdekakan Republik Indonesia ini, juga ada nilai positifnya, kita selaku Penggerak Pemberdayaan Perempuan dapat merealisasikan sebagian dari 10 Program Pokok PKK kita, Ujarnya.

Baca Juga :  Kompetisi Surfing Lokal Pesibar 2020 Di Gelar

Senjutnya ia berpesan Dewan juri untuk berlaku bijak dengan penilain yang sportif, agar pemenangnya betul-betul yang layak untuk menang sehingga tidak akan menimbulkan kecemburuan sosial yang akan menyebabkan perpecahan. (Win)