Ikan Cupang di Gemari Orang Tua Hingga Anak Anak

rakyatnews.co.id-Batam, Kegemaran ataupun hobby yang disukai bukan hanya di kalangan orangtua ataupun anak-anak.

Dengan adanya rasa kegemaran tersendiri anak-anak menyalurkan dengan rasa menyayangi seperti yang diutarakan Raden yang masih duduk di bangku kelas 5 sekolah dasar (SD) menyalurkan kegemaran atau hobbynya dengan ikan hias kecil yang penuh warna warni menjadi daya tarik tersendiri.Ikan hias atau ikan cupang yang dikenal sebagai ikan laga.

Raden yang masih duduk di bangku SD dengan hobbynya ikan hias laga alias ikan cupang mencoba untuk menternakkan ikan hiasnya.Sistem dan cara menternaknya dijelaskan Raden, Minggu(02/01/2022).

“Ikan hias cupang dengan cara perkenalan ataupun pendekatan terlebih dahulu.Ikan betina menunggu si ikan jantan membuat sarang berupa buih-buih setelah ikan jantan membuat sarang untuk ikan betina bertelur,setelah beberapa hari ikan betina digabungkan dengan ikan cupang jantan hari saatnya untuk sibetina bertelur.

Setelah ikan betina bertelur ikan jantan akan melindungi telur-telurnya dari ikan betina karena sifat ikan betina selalu akan memakan telur.Setelah itu ikan betina dipisahkan dari aquarium ketempat pemulihan,si ikan jantan akan merawat telur-telurnya hingga telur menetas.

(iwan/red)