Dewan Kesenian Pesisir Barat Gelar Pentas Kebudayaan

Pesisir Barat – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) Melalui Dewan Kesenian Setempat Menggelar Pentas Kebudayan Tahun 2022 , Yang Dilangsungkan Di Plaza Kawasan Labuhan Jukung Krui, Pesisir Tengah, Pada Rabu (30/03/2021).

Dalam Laporan Ketua Umum Dewan Kesenian Pesisir Barat, Hj. Septi Istiqlal, mengatakan Kabupaten Pesisir Barat merupakan kabupaten termuda di Provinsi Lampung yang memiliki segudang potensi seni dan budaya, Keberagaman jenis seni budaya di dalam masyarakat menjadi sebuah kekayaan yang sangat membanggakan.

Dewan Kesenian Pesisir Barat merupakan wadah untuk membina dan melestarikan potensi seni budaya yang ada di daerah agar dapat terus lestari dan memasyarakat di Kabupaten Pesisir Barat.

Melalui Program Pentas Kebudayaan Dewan Kesenian Pesisir Barat, maka dilaksanakanlah Kegiatan Pagelaran Kebudayaan yang berisi ragam seni budaya Pesisir Barat maupun seni budaya daerah lain yang ada di Pesisir Barat seni.

Kegiatan ini diberi nama “Pentas Kebudayaan” Dengan tema ““Selaraskan Ragam Budaya, Satukan Cita-Cita Bangsa, Menjaga Bhineka di Bumi Para Saibatin dan Para Ulama”.

Diharapkan kegiatan ini akan membangkitkan kembali semangat dalam pelestarian dan pengembangan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Pesisir Barat, Ujarnya.

Masih kata hj.Septi, Peserta yang akan tampil terdiri dari berbagai macam Etnis baik Etnis Lokal Lampung maupun Etnis Luar Lampung dintaranya :
Etnis Lampung (Sai Batin Marga Way Napal), Etnis Jawa (Paguyuban Rasa Sosial Jawa ‘PRASOJO’), Enis Sunda (Rampak Sekar Paguyuban Pasundan), Etnis Minang (Sanggar Minang Serumpun), Etnis Batak (Persaudaraan Batak Kasih), Etnis Bali (Parisada Hindu Dharma Indonesia), Sanggar Seni Sai Betik SMAN 1 Pesisir Tengah, Sanggar Seni Alam Gemisikh SMPN 2 Krui, Sanggar Seni Teluk Stabas Kab. Pesisir Barat.

Baca Juga :  Bupati Agus Istiqlal Hadiri Pembukaan APKASI Otonomi Expo Tahun 2021

Selain itu, Dalam kesempatan ini kami mengahdirkan Bazar Produk UMKM Pesisir Barat berjumlah 20 Kelompok UMKM sama-sama dapat kita saksikan di pintu masuk Plaza ini.

Hal ini kami harapkan mendapatkan apresiasi dan dukungan baik dalam bentuk moril dan materil yang setinggi-tingginya dari Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat melalui Bapak Bupati. Tandasnya.

Sementara Bupati Pesibar, Agus Istiqlal, Menyampaikan apresiasi atas di selenggarakannya pentas kebudayan oleh dewan kesenian setempat.

Menurutnya, kabupaten pesisir barat memiliki segudang potensi yang sangat menjanjikan, kekayaan alam yang berlimpah, serta daya tarik pariwisata yang menawan. keberadaan adat dan budaya yang beragam, ditambah dengan julukan “ negeri para sai batin dan para ulama”, menjadikan kabupaten pesisir barat syarat akan nilai-nilai kebudayaan. tentu hal ini adalah sebuah karunia bagi kabupaten pesisir barat yang hari ini masih berusia kurang lebih 8 tahun.

” Dengan adanya ajang pentas seni ini, semoga dapat menjadi hiburan dan menarik perhatian wisatawan lokal, nasional, maupun internasional untuk melirik potensi pariwisata di kabupaten pesisir barat ini, sehingga akan memberikan dampak ekonomi yang baik kepada masyarakat di kabupaten pesisir barat, “Ujarnya.

Pemerintah daerah kabupaten pesisir barat mengapresiasi dengan terselenggaranya pentas kebudayaan dewan kesenian kabupaten pesisir barat yang dilaksanakan oleh dewan kesenian kabupaten pesisir barat. semoga akan dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat dalam menjunjung tinggi dan melestarikan adat budaya kita di kabupaten pesisir barat.

Di tengah- tengah upaya kita meningkatkan ekonomi kerakyatan dan pariwisata di kabupaten pesisir barat pada masa pandemi ini. pelestarian budaya juga tidak kalah pentingnya untuk di tumbuhkan di tengah-tengah masyarakat kita.

“Saya yakin dan percaya dengan kepedulian yang kita miliki dalam rangka besama- sama menjaga kelestarian seni budaya akan memberikan kontribusi yang besar bagi kabupaten pesisir barat,” Tandasnya. (Win)