Sambut Jokowi, Jalan di Sejumlah Titik Di Tanggamus di Perbaiki

RAKYATNEWS.CO.ID, Tanggamus — Menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Kabupaten Tanggamus Lampung pada Jum’at (12/7/2024). Terlihat dengan adanya upaya untuk pembenahan di sejumlah bidang.

Seluruh Stakeholder maupun baik tingkat kabupaten hingga sampai dengan tingkat provinsi kini tampak sibuk untuk mempersiapkan dari segala sesuatunya.

Berdasarkan hasil dari pantauan seluruh jalan protokol yang ada di Kotaagung Kabupaten Tanggamus Lampung Kini TNI/Polri sudah mulai melakukan patroli sejak Selasa 9 Juli 2024.

Diketahui, agenda Presiden Joko Widodo di Kabupaten Tanggamus tepatnya di Kota Agung, mulai dari melaksanakan Sholat Jumat di Masjid Al Islah Pasar Madang, lalu presiden dijadwalkan bertemu dengan pedagang di Pasar Kota Agung dan meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batin Mangunang Kota Agung. Pada Kamis (11/7/2024).

Kunjungan Presiden Joko Widodo atau yang biasa disapa Jokowi ini ke Tanggamus, Lampung merupakan kunkernya yang pertama.Bahkan sejak berdirinya Tanggamus dari tahun 1997 baru tahun ini Kabupaten Tanggamus kedatangan Presiden RI.

Sehingga wajar masyarakat dan unsur terkait antusias menyambut kedatangan presiden. Pembenahan terlihat di mulai dari jalan yang akan dilalui oleh Jokowi, seperti Jalan Merdeka menuju Pasar Kota Agung, yang mulanya rusak dan berlubang kini mulai ditambal.

Kemudian ruas jalan lintas barat (Jalinbar) Tanggamus khususnya di ruas Kota Agung juga mulai dilakukan tambal sulam terhitung sejak satu Minggu yang lalu.

Selain itu ruas Jalan Soekarno-Hatta menuju Islamic Center Kota Agung juga dibenahi, lubang menganga di dekat Pos Polisi Islamic Center Kota Agung terlihat sudah ditutup dengan batu kecil-kecil. Berdasarkan info dari pekerja bahwa ruas jalan itu akan ditambal sulam.

Selain jalan,sejumlah pekerja juga terlihat membersihkan dan merapihkan pagar masjid Islamic Center Kota Agung, begitu pula di Lingkungan RSUD Batin Mangunang yang dilakukan pembenahan untuk menyambut kedatangan orang nomor satu di Republik Indonesia itu..

Baca Juga :  Pemkab Garut belum mampu anggarkan perbaikan alat pendeteksi tsunami

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Tanggamus Hj Retno Noviana Damayanti mengatakan bahwa kunjungan Presiden Jokowi di Pasar Kota Agung agendanya berdialog dengan pedagang dan pemberian bantuan dari presiden kepada pedagang asongan.

“Pak presiden mau kontak langsung sama pedagang di Pasar Kota Agung. Rencananya ada pemberian bantuan juga ke pedagang,”kata Retno.

Dikatakan Retno bahwa, sejumlah persiapan telah dilakukan untuk menyambut datangnya Presiden RI Joko Widodo di Pasar Kota Agung.

“Sudah dilakukan perapihan.Ada beberapa lokasi pasar yang sudah kita tata. Tentunya ini berkolaborasi dengan lintas OPD,”ujar Retno.

Retno juga mengaku bangga dan tidak menyangka bahwa Pasar Kota Agung nantinya bakal disinggahi oleh Presiden Jokowi.

“Yang pasti senanglah sebagai warga Kabupaten Tanggamus dan unsur pemerintah dengan adanya kedatangan orang nomor 1 di Indonesia ini, mudah-mudahan akan berdampak baik untuk peningkatan perekonomian dan pengembangan infrastruktur di Kabupaten Tanggamus,”kata Retno.

Senada diungkapkan Direktur RSUD Batin Mangunang, Kota Agung, dr.Theresia Hutabarat. Menurutnya sejumlah persiapan telah dilakukan untuk menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Kodim 0424 dan Paspampres terkait rencana kunjungan presiden ini. Nantinya bapak presiden akan meninjau pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya pelayanan BPJS,”kata Theresia.

Ia juga mengaku bangga dan senang dengan kedatangan Presiden Jokowi di RSUD Batin Mangunang.”Ini sejarah, baru ini Presiden RI berkunjung ke RSUD Batin Mangunang, Kota Agung sepanjang berdirinya Kabupaten Tanggamus,”pungkas Theresia.  (Bow/rls)